Minggu, 22 Agustus 2010

Lomba Esai Ilmiah Nasional FORCES IPB


DESKRIPSI LEIN
(Lomba Esai Ilmiah Nasional)
Merupakan lomba penulisan esai tingkat nasional yang terbuka untuk pelajar dari berbagai SMA dan yang sederajat di Indonesia. Lomba esai ini memancing para pelajar muda bangsa ini untuk turut andil dalam memberikan solusi tentang permasalahan pertanian di Indonesia dengan konsep teknologi yang mungkin untuk dilakukan.

LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan negara agraris yang sudah sejak dahulu menjadikan sektor pertanian sebagai penopang perekonomian negara. Sampai saat ini pun sektor pertanian masih tetap menyumbang devisa yang cukup besar bagi perekonomian negara. Namun, dengan sumber daya yang melimpah, proses perkembangan dan modernisasi sektor pertanian Indonesia berjalan sangat lambat. Salah satu indikatornya yaitu produktivitas pertanian yang cenderung menurun dan petani sebagai ujung tombaknya sebagian besar berada di bawah garis kemiskinan. Penyebabnya antara lain penerapan teknologi di sektor pertanian yang masih rendah. Penerapan teknologi pertanian sangat penting dalam pembangunan pertanian Indonesia. Oleh karena itu, pengembangan minat generasi muda Indonesia dalam bidang teknologi pertanian sangat diperlukan karena mereka adalah aset bangsa yang akan menentukan kemajuan bidang teknologi pertanian Indonesia di masa depan. Dengan melaksanakan Lomba Esai Ilmiah Nasional 2010 yang bertema ” Menuju Indonesia lebih baik dengan teknologi pertanian berbasis lingkungan” ini, kami berharap dapat menjadi salah satu langkah efektif untuk mencapai tujuan di atas.

TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari kegiatan ini adalah :
1. Meningkatkan minat siswa SMA akan bidang teknologi pertanian dan pertanian secara umum.
2. Menggali ide-ide dari siswa SMA bagi perkembangan bidang teknologi pertanian di Indonesia.
3. Memberi wadah bagi siswa SMA untuk menyalurkan aspirasi dan gagasannya di bidang teknologi pertanian.
TEMA KEGIATAN
”Menuju Indonesia lebih baik dengan teknologi pertanian berbasis lingkungan”
SUB-TEMA
  1. Inovasi pertanian lingkup luas untuk menciptakan iklim pertanian yang berbasis lingkungan.
  2. Perilaku hidup ramah lingkungan.
  3. Energi alternatif untuk lingkungan yang lebih baik.

KETENTUAN PESERTA LOMBA
  1. Peserta adalah pelajar SMA atau yang sederajat.
  2. Peserta merupakan perseorangan.
  3. Peserta wajib mendaftarkan diri secara on-line di www.forcesipb.org dan mengirim email ke forces_fair_ipb@yahoo.com This email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it (Form pendaftaran sesuai Lampiran 1) serta mentransfer biaya registrasi sebesar Rp. 50.000,00 ke BNI CABANG DARMAGA BOGOR a.n. AYU TRIWIDYARATIH, Nomor Rekening 0132597936 sebelum menyerahkan essainya ke sekretariat alamat UKM FORCES (Forum for Scientific Study) IPB.
  4. Mengirimkan bukti pembayaran, surat pernyataan keaslian (lampiran 2) dan formulir pendaftaran kepada panitia dalam amplop bersamaan dengan pengumpulan essai.
  5. Setiap peserta harus membuat dan mengirimkan essai sesuai dengan tema yang ditentukan (sistematika penulisan essai dapat dilihat pada Lampiran 3).
  6. Essai yang dikirimkan merupakan hasil pemikiran sendiri, bukan hasil jiplakan dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  7. Setiap essai yang dikirimkan tidak diperkenankan sedang berpartisipasi atau telah memenangkan penghargaan dalam kompetisi serupa di tempat lain.
  8. Peserta harus mengirimkan 4 eksemplar essai (hardcopy) ke Sekretariat Forces yang akan diserahkan kepada peserta juri dan sebagai arsip panitia dan dalam bentuk softcopy ke email forces_fair_ipb@yahoo.com This email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it .
  9. Peserta diperkenankan mengirimkan lebih dari satu essai (maksimal 2) dan setiap essai yang diajukan mendapat bimbingan dari seorang guru pembimbing dari sekolah yang sama.
  10. Essai peserta akan diseleksi pada tahap penjurian awal untuk menentukan 10 (sepuluh) finalis.
  11. Nama-nama finalis akan diumumkan melalui www.forcesipb.org pada tanggal 20 September 2010.
  12. Semua finalis diwajibkan mempresentasikan essainya di hadapan dewan juri dan audience pada saat Grand Final di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution Kampus IPB Dramaga, Bogor pada tanggal 9-10 November 2010 (akan ada informasi lebih lanjut) dan mengikuti rangkaian “Loving Agriculture with Bogor Agricultural University”.
  13. Semua finalis diharuskan membuat poster ilmiah yang merepresentasikan essainya untuk ditampilkan dalam pameran saat Grand Final dan Seminar Ilmiah Nasional.
  14. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  15. Segala urusan keuangan menyangkut pembuatan essai, poster ilmiah, bukan merupakan tanggungjawab panitia
KETENTUAN ESSAI
Essai yang dikirimkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  1. Original, Essai harus bersifat asli tidak meniru essai orang lain.
  2. Kreatif dan Inovatif, Essai berisi gagasan yang kreafif dan inovatif dalam arti belum pernah ada sebelumnya namun memiliki landasan teori yang jelas dan realistis.
  3. Solutif dan Aplikatif, Essai adalah hasil telaah kritis terhadap suatu permasalaah dan isu yang mutakhir atau aktual didukung argumentasi ilmiah yang jelas, sehingga essai dapat menjadi solusi permasalahan yang ada di Indonesia dan dapat diterapkan oleh masyarakat luas.
  4. Sistematis, Essai disampaikan dalam bentuk yang jelas, sistematis, runut, dan didukung oleh data atau informasi yang terpercaya.
  5. Sesuai dengan bidang ilmu yang dikompetisikan, Essai merupakan deskripsi dari inovasi di bidang Teknologi Pertanian.
  6. Mengikuti sistematika penulisan yang ada di lampiran 3.

PENGIRIMAN HASIL ESSAI:
Hasil essai dikirim langsung ke alamat Sekretariat FORCES IPB Gedung Student Center Lantai 1 (Samping Gymnasium), Kampus IPB Darmaga Bogor 16001 paling lambat 18 September 2010 (Cap Pos Kilat).

JADWAL PELAKSANAAN
No. Jenis Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1. Sosialisasi Panduan
1 Juli - 18 September 2010
Website, surat
2. Pendaftaran Online
1 Juli - 18 September 2010
Website
3. Batas Akhir Penerimaan naskah
18 September 2010
Cap Pos Kilat
4. Seleksi Penjurian
19-29 September 2010
5. Pengumuman Finalis 10 Besar
30 September 2010
Website, Telepon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar